RSS

Cara Alami Atasi Komedo

13 Feb

Akibat timbunan sel kulit mati, minyak atau sisa make-up yang tidak bersih dan akhirnya menyumbat pori-pori wajah menimbulkan komedo. Komedo biasanya bermunculan di area T wajah, yaitu dahi dan hidung yang produksi minyaknya banyak. Komedo adalah tahap awal terjadinya jerawat. Jika tumpukan komedo terkena bakteri akan terjadi pembengkakan dan timbullah jerawat.

Ada dua macam komedo, yaitu whitehead dan blackheads. Whitehead berupa kumpulan minyak dan lemak kulit yang mengeras berwarna putih atau kekuningan. Sedangkan blackhead adalah whitehead yang menghitam karena penumpukan debu dan kotoran.

Untuk menghilangkan komedo, lakukan facial secara teratur. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa menggunakan plester penghilang komedo (pore pack). Tapi jika ingin menghilangkannya dengan cara alami, berikut beberapa pilihannya.

Komedo bisa dhilangkan dengan bahan alami seperti putih telur, lemon, dan daun kemangi. Ambil putih telur, kocok hingga berbusa. Ambil selembar kapas, rendam dengan putih telur, tempelkan ke hidung dan biarkan sampai mengering, sekitar 30 menit. Setelah kering, lepas kapas secara perlahan lalu bersihkan wajah dengan sabun atau susu pembersih dan toner.

Selain bisa mengurangi produksi minyak dan menghancurkan minyak atau lemak yang sudah mengeras, lemon juga bisa menutup pori-pori sehingga mencegah timbulnya komedo. Caranya, olesi wajah dengan air perasan lemon atau usapkan irisan lemon ke wajah, diamkan selama 15 menit hingga kulit terasa kencang. Bilas air dengan air dingin agar pori-pori menutup.

Daun kemangi rupanya tak hanya enak dijadikan lalapan yang dapat mencegah bau badan, tapi juga untuk menghilangkan komedo. Tumbuk daun kemangi hingga halus, oleskan sebagai masker di bagian wajah yang berkomedo. Diamkan selama 15-20 menit. Bersihkan masker kemangi. Bilas dengan air dingin.

Perawatan dengan bahan alami ini sebaiknya dilakukan secara teratur agar komedo tak sempat hadir di wajah.

Catatan :

Buat yang mau pake produk perawatan wajah, aku punya beberapa produk yang udah dipercaya, dan memang terbukti hasilnya (udah nyoba duluan soalnya.. hhe :P) dan bisa disesuaikan dengan kondisi kulit wajah dan juga bisa disesuaikan dengan umur.. Mulai dari ABG sampe Ibu” juga bisa pake kok.. :)

Kalo berminat hubungi aja,, bisa dikirim ke alamat kalian tanpa harus cape” ngongkos angkot ojeg bensin dll.. :D

Call me at ym : lie_evil_4 or email : lie_evil_4@yahoo.com

About these ads
 
77 Komentar

Ditulis oleh pada Februari 13, 2009 in Tips kesehatan..

 

77 responses to “Cara Alami Atasi Komedo

  1. Aryna

    April 23, 2009 at 8:14 pm

    Oke deh… makaci tas infonya, tar aku cobain mudah-mudahan berhasil.
    di aminin aja ya…..

     
  2. nay

    April 28, 2009 at 2:42 pm

    nay mau tanya apa benar putih telur dapat mengghilangkan komedo…..??????????????????????????????????????????????

     
  3. ord1n4ryp3opl3

    April 29, 2009 at 1:12 pm

    @aryna..

    siiip… silakan dicoba… amiiin moga berhasil ea…

    @nay..

    bisa aj nay,, asalkan rutin jgan setengah2 oche… qu juga udh nyoba soalnya n berhasil..

     
  4. Bintang

    Mei 9, 2009 at 9:00 am

    Okey deh ntar ta cba..

     
  5. vita

    Mei 25, 2009 at 11:15 am

    Komedoku kok kaya rambut yg mau numbuh tp kmudian mati.
    Apa tu jg termasuk komedo hitam?
    gmn atasinnya?
    Pki perekat pengangkat komedo malah bikin pori2 membesar.
    Tlg minta resep yg pas donx !

     
  6. putri

    Juni 1, 2009 at 6:32 pm

    teratur itu kira2 brp minggu skali ya?
    klo buat kulit berminyak?

     
  7. ord1n4ryp3opl3

    Juni 8, 2009 at 10:00 am

    @ bintang
    siiip… thx buat partisipasinya :D

     
  8. ord1n4ryp3opl3

    Juni 8, 2009 at 10:07 am

    @vita

    bisa ja vit, apalagi kalo aktifitas kamu lebih banyak diluar/outdoor.. itu biasanya disebabkan oleh debu..
    buat ngatasinnya kalo yang alami bisa coba pake masker putih telur dicampur air lemon ma madu
    ato kamu juga bisa pake pencuci muka.. sehabis aktifitas diluar biasain cuci muka pake air dingin ja..
    perekat pengangkat komedo aku dulu pernah nyoba tapi gak efektif vit.. mungkin saranku bisa dicoba..

     
  9. ord1n4ryp3opl3

    Juni 8, 2009 at 10:25 am

    @putri

    kalo untuk kulit normal seminggu sekali juga cukup tapi kalo kulit berminyak seminggu 2-3 kali sebelum dibilas dulu mukanya pake aer anget yang dikasih bunga mawar baru dimaskerin udahnya dibilas pake aer dingin… fungsi aer anget biar c pori2nya ngebuka jadi ntar pas dimasker c komedonya ke angkat nah fungsi aer dingin sesudahnya buat ngecilin pori2nya lagi..

     
  10. hecKDa

    Juli 17, 2009 at 2:09 pm

    Q udH ny0BAin sARan km d ataS. .
    tpi wktU q pKe daUn kemANGi knP wjH q jd trSa panaS n’ agAK sdkit pERih. .??
    pa tU eFek smpinG’x ato gMn. .??

     
  11. ord1n4ryp3opl3

    Juli 18, 2009 at 10:39 am

    @becKDa

    mungkin kulit kamu nya sensitif bro… pake bahan2 yang alami juga tergantung dari jenis kulitnya… kuat ato gak nerima kandungan zat yang terdapat di bahan tersebut…

     
  12. hecKDa

    Juli 18, 2009 at 1:31 pm

    tU kn da 3 bHn (pUth tLUr, lem0n, daUn kmGi). . .

    tU d pKe scRA beruRUtn ato saLah 1 ajA. .??

     
  13. ord1n4ryp3opl3

    Juli 18, 2009 at 1:55 pm

    pakenya salah satu aja… yang sesuai sama kondisi kulit muka kamu…

     
  14. Exa

    November 7, 2009 at 7:07 pm

    Kulit saya minyak aBez

     
  15. arif

    November 20, 2009 at 8:32 pm

    mang dah psti g muncul lg ya??

     
  16. Ola

    Desember 21, 2009 at 2:10 am

    hm.. Di hidung dan di daerah bawah mata ku ada bintik2 kecil mirip seperti jerawat2 kecil,tapi gak pernah jd jerawat.. Apa itu nama nya komedo jg?
    Kalo iya cra ngilangin yg seperti jerawat2 kecil itu gmana ya?

     
  17. Debie

    Januari 6, 2010 at 12:43 pm

    telornya telor ayam,bebek, atau burung he…he….he. trus pemakaian untuk seluruh wajah atau di bagian yang ada komedo?

     
  18. popy riyanti

    Januari 21, 2010 at 9:02 am

    yupz..tipsnya lumayan menarik, q coba ach…

     
  19. aQuwH bawEh adJa

    Maret 16, 2010 at 3:25 pm

    makaCuiH ea aTas inFox. . moGa ja berhasiL :D

     
  20. Tiwi

    Maret 23, 2010 at 2:59 pm

    DaRi 3 jenis bHn n cRa tsB,Kira2 mana 5ay yg lbh eFektiF?

     
  21. niq

    April 7, 2010 at 11:56 am

    d’coBa dweh !!

     
  22. Lelly

    April 8, 2010 at 5:35 pm

    Klo komedo.a yang whitehead ap bsa pke cra diatas jga ?

     
  23. De yu

    April 26, 2010 at 12:42 pm

    thanx yaw..tipsnya,,,,aku coba mudah-mudahan berhasil

     
  24. same

    April 29, 2010 at 10:42 am

    Ampuh Gak Tuh And Apakah Ada Efek Sampingnya ?

     
  25. salsa

    Mei 27, 2010 at 1:39 pm

    kulit aku berminyak banget,,,kalo pake masker putih telur,atau lemon,atau kemanginya tiap hari,,,,ada efek sampingnya g???
    thanx ya but infonya!

     
  26. uyink

    Mei 28, 2010 at 6:54 pm

    aku bermasalah dengan komedo hitam, uh rasa nya mau di pijit aja deh..
    aku pernah mencoba pake putih telur tapi ga ada hasil nya??

     
  27. dije

    Juni 9, 2010 at 4:59 pm

    thnks ya infoy, gue coba deh :)

     
  28. ord1n4ryp3opl3

    Juni 12, 2010 at 6:21 pm

    @salsa
    kalo setau aku sih gada efek samping… putih telur kan bisa bikin kulit kencang, lemon sama bikin kulit lembut…

     
  29. ord1n4ryp3opl3

    Juni 12, 2010 at 6:23 pm

    @uyink
    tiap jenis kulit punya treatment yang berbeda” saii…

     
  30. ord1n4ryp3opl3

    Juni 12, 2010 at 6:26 pm

    @ same
    insya allah… kalo efek samping insya allah gada… kan pake bahan2 alam tanpa campuran zat kimia… tapi itu juga tergantung dari jenis kulit orang tersebut.. apa ada alergi gak ma kandungan dari bahan yang dipake…

     
  31. ord1n4ryp3opl3

    Juni 12, 2010 at 6:27 pm

    @ de yu
    yo ah.. sippp moga berhasil ya…

     
  32. ord1n4ryp3opl3

    Juni 12, 2010 at 6:27 pm

    @lelly
    bisa buat dua2nya qo..

     
  33. ord1n4ryp3opl3

    Juni 12, 2010 at 6:31 pm

    @tiwi
    tergantung jenis kulitnya bu…

     
  34. ord1n4ryp3opl3

    Juni 12, 2010 at 6:31 pm

    @aquwh baweh adja
    oceh…

     
  35. ord1n4ryp3opl3

    Juni 12, 2010 at 6:33 pm

    @ debie
    sukanya telor apa…????? hahahaha… bagusnya sih dibikin kaya masker lagi…

     
  36. ord1n4ryp3opl3

    Juni 12, 2010 at 6:47 pm

    @ ola
    setau aqu kalo bintik2 dibawah daerah mata itu bukan komedo…
    tapi kalo yang di idung sih mungkin aja…
    rajin cuci muka aja sama maskeran… insya allah ilang…

     
  37. ord1n4ryp3opl3

    Juni 12, 2010 at 6:50 pm

    muncul lagi ato gak itu tergantung dari kitanya… rajin bersiin muka ato nggak…

     
  38. ord1n4ryp3opl3

    Juni 12, 2010 at 6:52 pm

    @exa
    coba pake pembersih muka yang ada oil control nya sama pake pelembab kaya hazeline snow,, tu bisa ngurangin produksi minyak dikulit muka.. trus hindarin dlu pake produk yang bakal bikin minyak diwajah kamu tambah banyak…

     
  39. yazid

    Juli 5, 2010 at 11:00 am

    biasanya, mnggunakn putih telur itu brp lama kliatan efekny?
    dan brp takaranny?

     
  40. inka

    Juli 6, 2010 at 10:06 am

    wah..mau deh nyoba.smg berhasil^^
    kalo facial tiap hari mhaaal…..

    mw tnya kalo msl pke jarum pgambil komedo bhaya gag seh bwt kulit??? carany gmn??
    kalo taw tlg djwb yahh…thxb4

     
  41. anna

    Juli 21, 2010 at 7:39 am

    kalo at hilangin flek hitam di mka bsa g’????!!!!

     
  42. fukayna

    Juli 27, 2010 at 8:57 pm

    aq punya msalah ma komedo d bwah dagu aq.sering aq bersihin, tp ko mlah makin hitam y bekasx? gmn cara ngilanginx??

     
  43. lyza

    Agustus 16, 2010 at 10:54 am

    q punya wajah berminyak, trus komedo q banyak banget ampi hampir ke pipi, q jadi gak pede kalau komedo tumbuh segitu banyaknya, n aku juga kerja dari pai ampe pukul 5.30 tiap hari gak da waktu libur, jadi gimana aqu pengen nyoba pake putih telur, tapi pa gak apa – apa dipake kalau malam hari ??? tapi kadang – kadang q gak da waktu tuk sering pake alnya pas aku pulang kerja mandi langsung tidur karena capek,,, bagusnya q pake berapa x dalam seminggu ???

     
  44. lyza

    Agustus 16, 2010 at 10:58 am

    oh ya, q juga sekarang pake alas bedak dan pembersih produk citra, pa gak pa2 untuk kulit q yang mengandung banyak minyak ???

     
  45. Rei

    Agustus 21, 2010 at 12:44 pm

    Disekitar lingkaran hidung aku ad merah2nya kaya alergi gatel gt,jdnya cenderung bkin hidung aku kaya yg item di bagian itu..
    Apa itu termasuk komedo?
    Aku ud coba pake putih telur komedonya kena tp merah2 itunya ko g ilang2 ya?
    Ditunggu tipsnya yaa,makasii

     
  46. dedy

    Agustus 24, 2010 at 5:37 pm

    makasi

     
  47. Q bal

    September 25, 2010 at 2:16 pm

    emmm…
    ni emang udah teruji ya…?
    kulit tuk Cow or Cew or bisa semua…?

     
  48. ord1n4ryp3opl3

    September 25, 2010 at 3:40 pm

    Q bal…

    bisa buat cwe cwo qo…
    temen” yang laen udh pada ngebuktiin qo..

     
  49. ord1n4ryp3opl3

    September 25, 2010 at 3:42 pm

    @yazid

    tiap orang beda” wktunya…
    takarannya ya secukupnya aj.. gak usah kebanyakan…

     
  50. ord1n4ryp3opl3

    September 25, 2010 at 3:44 pm

    @inka…
    bagusnya sih jangan pake jarum pengambil komedo alnya gak smua komedo keangkat…
    terkadang masih suka ada sisa” dikulit dan itu bisa jadi penyebab jerawat…
    lebih baek rajin aja cuci muka ma maskeran…

     
  51. ord1n4ryp3opl3

    September 25, 2010 at 3:48 pm

     
  52. ord1n4ryp3opl3

    September 25, 2010 at 3:52 pm

    @fukayna

    coba pake masker kentang atau bengkoang… buat ngilangin bekas hitamnya…

     
  53. ord1n4ryp3opl3

    September 25, 2010 at 3:55 pm

    @lyza…
    sebenernya ditempat kerja pun juga bisa qo…
    maskernya cuma 15 menit aj… trus dibersiin…
    pulang kerja juga bisa qo…
    pakenya seminggu 3 x aja..
    kalo mau pake citra pake nya hazeline yang cool snow… itu fungsinya bwt ngurangin minyak dimuka…
    untuk pembersih nya pake yang teh hijau…

     
  54. ord1n4ryp3opl3

    September 25, 2010 at 3:57 pm

    @rei…
    kalo itu bukan termasuk komedo… komedo biasanya bintik nya warna item…
    mungkin merah” tu karna pori” kulit kamu nya cenderung kaya gitu…
    coba aja dimasker pake mentimun…

     
  55. ilma

    Oktober 3, 2010 at 1:43 pm

    butuh berpa kali perawatan ??

     
  56. yosSi

    Oktober 23, 2010 at 11:03 am

    mbaQ ada cara buat mutihin kulit wajah gg yang alami soalx muka ku kusem gg ada rona”x.
    tolong ya mbaQ.

     
  57. FAtMa

    November 2, 2010 at 8:58 am

    Ma’kasi atas sarannya……….. n smoga bermanfaat………

     
  58. putra

    November 2, 2010 at 2:49 pm

    tahnks ya atas solusinya

     
  59. putra

    November 2, 2010 at 2:50 pm

    thanks ya atas solusinya

     
  60. violeni

    Desember 28, 2010 at 4:40 pm

    ka air dinginnya air dingin es ataw dingin biasa??????????

     
  61. OozanaaNal

    Februari 15, 2011 at 1:10 pm

    hmmm…

     
  62. Ria

    April 23, 2011 at 7:42 pm

    komedo aku makin lama makin banyak, aku juga udh pake pembersih muka yg khusus buat ngilangin komedo. tapi tetep aja ada. aku juga udh pake putih telur tapi hasilnya juga gk ada .
    ada cara lain gk buat ngilangin komedo membandel ?

    makasih .:))

     
  63. fida

    Mei 17, 2011 at 10:20 am

    krna aku tinggal di daerah dingin,deket gunung, aku pake plmbap. trus aku pake bedak tabur. kayak gitu bikin komedo g? atau baiknya pake plmbap aj g usah pake bedak?

     
  64. ord1n4ryp3opl3

    Mei 18, 2011 at 10:24 am

    @ilma,, sampai kamu ngerasa cukup aja.. kalo emang udah ilang,, tinggal perawatan sehari-hari aja,, kaya cuci muka pake foaming cleanser, face toner, trus jangan lupa pake pelembab yang sesuai sama kondisi kulit..

     
  65. ord1n4ryp3opl3

    Mei 18, 2011 at 10:26 am

    @yosSi..
    kalo biar gak kusem coba aja masker timun seminggu sekali… kalo pengen putih bisa pake masker bengkoang..

     
  66. ord1n4ryp3opl3

    Mei 18, 2011 at 10:26 am

    @fatma dan putra… iya sama”…

     
  67. ord1n4ryp3opl3

    Mei 18, 2011 at 10:28 am

    @violeni,, aer dinginnya aer kulkas aja…

     
  68. ord1n4ryp3opl3

    Mei 18, 2011 at 10:33 am

    @ria…
    udah coba pake scrub belum..??
    rajin cuci muka aja sebelum mandi pagi sama sesudah beraktifitas atau sebelum tidur,, pake pelembab yang bersifat menyejukkan jangan pake yang pelembab yang justru malah bikin kulit jadi berminyak,, itu bisa berpengaruh sama kondisi komedo yang semakin banyak..

     
  69. ord1n4ryp3opl3

    Mei 18, 2011 at 10:36 am

    @fida… kalo didaerah dingin jangan pake bedak padat ato yang two way cake,, bedak tabur bisa kok dipake biar gak kliatan mengkilat kulitnya,, pelembab nya sesuai kan dengan jenis kulit kamu,, dan jangan pake alas bedak ya… ^.^

     
  70. nesha

    Juni 9, 2011 at 9:56 am

    oke ..

    kayak ya tips ya bgus niih , entar aku mau cobain .. :)
    makasih ya mbak solusi ya …

     
  71. ranum

    Juni 27, 2011 at 8:29 am

    lemonnya bisa d ganti ma jeruk nipis ga???

     
  72. ord1n4ryp3opl3

    Juni 27, 2011 at 8:58 am

    @ranum,,
    untuk wajah yang dipake jeruk lemon say… :)

     
  73. Putri

    Agustus 4, 2011 at 1:33 pm

    Mbag komedo yg tumbuh d bwah kulit,susaah xx ngilangin ny…!
    Tlong d bntuu donk.

     
  74. meina legi

    September 24, 2011 at 7:30 am

    ok dech,makasih ya udh mau berbagi.

     
  75. ord1n4ryp3opl3

    Mei 4, 2012 at 6:05 pm

    @Putri

    komedo yang tumbuh dibawah kulit sebaiknya coba cara facial aja mba..
    kalau difacial pori” kulit kita akan dibuka terlebih dahulu dan akan lebih mudah untuk menghilangkannya.. :)
    mba” yang disalon mereka lebih jago kok.. :D

     
  76. GadgetsCamp

    Juli 7, 2012 at 10:25 pm

    Bisa juga nih dicoba yg pake daun kemangi

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: