RSS

Peduli Alam Lewat Lubang Resapan Biopori

13 Feb

Sempitnya lahan kosong karena semakin banyak perumahan tentunya ikut memengaruhi kualitas air yang baik. Padahal, air punya peranan sangat penting dalam kehidupan kita. Sebagai generasi muda, tentunya kamu harus ikut ambil bagian untuk peduli pada keadaan ini sebagai suatu wujud kepedulian pada lingkungan.

Salah satu langkah yang bisa kamu lakukan adalah membuat sebuah lubang biopori sebagai lahan resapan untuk menampung air hujan. Air resapan ini bisa berfungsi sebagai sumber cadangan air bawah tanah, membuat kompos alami , dan mencegah terjadinya erosi tanah dan bencana tanah longsor. Tempat-tempat yang bisa dibuat lubang resapan biopori adalah alas saluran air hujan di sekitar rumah, kantor, sekolah, dan lainnya, disekeliling pohon, dan tanah kosong antar tanaman.

Berikut cara membuat lubang resapan biopori.
1. Buat lubang silindris di tanah dengan diameter 10-30 cm dan kedalaman 30-100 cm serta jarak antar lubang 50-100 cm.
2. Mulut lubang dapat dikuatkan dengan semen setebal 2 cm dan lebar 2-3 centimeter. (Jangan lupa beri pengaman agar adik kecil atau keponakan kamu terperosok)
3. Isi lubang dengan sampah organic (daun, sampah dapur, ranting pohon, sampah makanan dapur non kimia). Sampah dalam lubang akan menyusut sehingga perlu diisi kembali setiap satu bulan sekali. Di akhir musim kemarau, sampah dapat dikuras dan dimanfaatkan sebagai pupuk kompos alami.
4. Jumlah lubang biopori yang ada sebaiknya dihitung berdasarkan besar kecil hujan, laju resapan air dan wilayah yang tidak meresap air dengan rumus = intensitas hujan (mm/jam) x luas bidang kedap air (meter persegi) / laju resapan air perlubang (liter / jam).

Sumber informasi lubang air biopori tambahan : biopori.com

From : http://www.genasik.telkomsel.com

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 13, 2009 in Campur-Campur

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: